Senin, 29 November 2010

Asal Mula Permainan Barongsai

mirip kaya dongeng sih... tapi, ya buat pengetahuan aja lah... ok, check it out.. semoga bermanfaat :)

    Beberapa ratus tahun yg lalu tepatnya pada tahun 424 sampai dengan  425 di daratan negeri Tiongkok, Raja Wen beskuasa semasa Dinasti Song. Pada masa itubanyak kerajaan yg sering kali berperang untuk saling menaklukan kerajaan lain. Tujuannya adalah untuk memperluas wilayah kekuasaan kerajaan & memperkaya Raja itu sendiri.
    Suatu saat Raja Wen mengirim pasukan perannya ke negara Lin Yi. wilayah Lin Yi merupakan wilayah yg sangat subur & makmur sehingga Raja Wen tertarik untuk menguasainya. Ketika berada di medan perang, pasukan Raja Wen mengalami kekalahan karena tentara Lin Yi menggunakan pasukan gajah untuk menghalaunya. Beribu-ribu pasukan Raja Wen tewas di medan laga karena kekuatan yg tidak berimbang itu. Raja Wen tidak menyerah begitu saja. Segala cara diempuhnya. Namun kekuatan tentara Lin Yi tidak tertandingi walaupun jumlahnya sedikit dikarenakan kekuatan pasukan gajah yg luar biasa.
    Raja Wen jenuh dengan kekalahan yg berulang kali, akhirnya Panglima Perang Guan Zhen diutus berpewrang melawan tentara Lin Yi. Panglima Perang Guan Zhen menemukan akal, ia yakin bahwa semua binatang yg ada di dunia takut pada Si Raja Rimba atau singa. Panglima segera memerintahkan pasukannya untuk membuat boneka singa. Beberapa hari kemudian jadilah beratus-ratus boneka singa yg masing-masing dipegang oleh 2 orang. Tibalah waktu perang, sebelumnya mereka bersembunyi di balik semak-semak sambil menunggu pasukan gajah mendekat. Ketika pasukan gajah Lin Yi mendekat, segera pasukan panglima keluar & mendekati rombongan gajah tersebut.Melihat banyak singa dengan mulut besar serta terlihat galak itu tentu pasukan gajah menjadi panik. mereka ketakutan & suasana menjadi kacau. Gajah-gajah tersebut berlarian meninggalkan tuannya. sehingga tanpa perlawanan Raja Wen menang.
    Keberhasilan pasukan singa palsu itu akhirnya banyak dikenang masyarakat. Hingga akhirnya dalam setiap perayaan hari-hari besar Tiongkok sering kali ditampilkan Barongsai sebagai hiburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar